PROFIL STAIDRA



Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Drajat (STAIDRA)
Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IV Surabaya yang bergerak di bidang Tarbiyah dan Dakwah. Diketuai oleh IMAM AZHAR, M. Pd dengan menyertakan program studi :
  1. Tarbiyah
    • Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. Dakwah
    • Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
    • Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
    Berdiri pada tahun 1995, dengan nomor SK Pendirian 91 pada tahun 1995 yang disahkan oleh Departemen Agama RI

    Yang berlokasi di
    Jl. K.H. Musthofa Kranji Paciran, Lamongan
    Propinsi
    Jawa Timur
    Kode Pos : 62264
    MOTTO
    ISLAMIC UNIVERSITY PARTICIPATORY MULTY CULTURE


    VISI
    Berkualitas dalam membangun pencerahan kehidupan berasaskan nilai ke-tauhidan berdasar nilai-nilai universal, perlindungan keseimbangan lingkungan alam dan sosial dengan moral kemanusiaan dalam fungsi kehidupan.

    MISI
    • Mengkaji dan mengembangkan sistem keilmuan melalui proses pendidikan, pembelajaran, penelitian, dan pelatihan/ praktikum di tingkat pendidikan tinggi/ perguruan tinggi.
    • Membangun kualitas pengkajian, proses pembelajaran, penerapan keilmuan, kompetensi keahlian dan profesi, dan rasional konsepsional (Ilmiah).
    • Membentuk prilaku berbudaya, berkarya, kreatif, inovatif, mandiri, arif/ bijaksana, dalam pelaksanaan tugas pengamalan ilmu pengetahuan sebagai refleksi aktual amanat ajaran agama
    • .
     TUJUAN
    • Mengkaji, mengembangkan, dan mengaplikasikan keilmuan Islam dan bersifat sosial;
    • Menghasilkan sarjana dengan keahlian dan kompeten dalam bidang keilmuan, teknologi, dan manajemen;
    • Menghasilkan sumber daya kompeten/ expert dan profesional dalam perencanaan pendidikan dan kurikulum, penyelenggaraan sistem pendidikan, ahli di bidang analisis mutu pendidikan, dan profesional dalam sistem pembelajaran;
    • Menghasilkan sumber daya manusia dengan keahlian dan keterampilan profesional dibidang kependidikan dan keguruan;
    • Membangun sumber daya manusia berbudaya kreatif, dinamis, rasional, dedikatif dan memiliki kemandirian kompetitif;
    • Mengembangkan sistem manajemen profesional dan terukur, sistem pelaksanaan akademik, pemenuhan infrastruktur, otonomi kelembagaan, dan struktur finansial yang kuat.

    KURIKULUM DAN DOSENKomponen kurikulum STAIDRA terdiri atas 60 % Kurikulum Nasional (Kurnas), 30 % bidang pemantapan akademik dan pengembangan disiplin jurusan dan 10 % kepesantrenan. Dengan gambaran kurikulum demikian, STAIDRA lebih mengutamakan pemanfaatan dosen-dosen yang memiliki wawasan akademik dan kepesantrenan, tenaga dosen sebanyak 33 (S1, 8 orang, S2, 21 orang, S3, 4 orang)
    LEMBAGA PENDUKUNG AKADEMIK
    1. Perpustakaan koleksi buku 7.500 eksemplar
    2. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LPM)
    3. Pusat Studi Lingkungan dan Kebudayaan (PUSLIK)
    4. Participatory Akademy and Consulting Emporement Program
    PUBLIKASI
    1. Jurnal Studi Islam Madinah
    2. Majalah Proporsi
    3. Buletin al Muhasabah
    PROGRAM PROSPEKTUS
    1. Participatory action research (PAR)
    2. Pemberdayaan pesantren berbasis gender (2004) kerjasama DIKTIS-STAIDRA
    3. Pemberdayaan nelayan tahap I (2005) kerjasama DIKTIS-STAIDRA
    4. Pemberdayaan nelayan tahap II (2006)
    5. Pendampingan KUK Kranji (2007-2008)
    6. Pendampingan KUK menjadi kopersai usaha bersama (2009)


    1. KKN Participatoris : Pendidikan Masyarakat : ( 2006 – sekarang) kerjasama Pemkab Lamongan, Gresik – STAIDRA.
    PROGRAM Balai Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( BP2M)
    1. KKN partisipatif
    2. Penguatan kurikulum pesantren responsif gender
    3. Pendampingan ukm kranji
    4. workshop riset kualitatif
    5. Sekolah partisipatory
    Contact :
    Telepon : 0322 – 663163
    Faximili : 0322 – 663163
    Website : http://staidra.ac.id/
    Alamat E-mail : staidra_kranji@yahoo.co.id

    0 comments: